TIPS MENCEGAH MERS COV UNTUK JAMAAH HAJI INDONESIA

Kondisi cuaca dan suhu yang berbeda membuat para jamaah haji Indonesia harus lebih menjaga kesehatan. Karena, berbagai penyakit berisiko dialami oleh para jamaah haji, termasuk Middle East Respiratory Syndrome (MERS) CoV.

MERS CoV adalah virus yang menyebabkan penyakit pernapasan pada sejumlah orang di Timur Tengah, termasuk Arab Saudi. Kebanyak orang yang terinfeksi MERS CoV memiliki penyakit parah dan radang paru-paru, setengah dari mereka meninggal.

Meskipun MERS CoV tidak mudah menyebar antar manusia, ada baiknya melakukan tindakan pencegahan. Terlebih, peziarah seperti Jamaah Haji yang tinggal dan berpergian dari waktu ke waktu mungkin berisiko terinfeksi.

Berikut tips untuk para jamaah haji Indonesia dalam menghindari penyakit MERS CoV yang dilansir dari laman Nsw.gov.au :

- Para Jamaah haji dapat melindungi diri dari penyakit pernapasan dengan mencuci tangan mereka sesering mungkin. Selain itu, tidak menyentuh mulut, hidung atau matau, dan menghindari kontak dengan orang sakit.

- Kementerian Kesehatan Arab Saudi juga merekomendasikan para jamaah haji untuk memakai masker di tempat umum. Selain itu, Kementerian Kesehatan Arab Saudi juga mengimbau untuk menghindari kontak langsung dengan unta, menghindari daging unta tidak matang dan tidak minum susu unta mentah.

- Para jamaah haji Indonesia harus memperhatikan kesehatan mereka ketika berpergian di Semenanjung Arab. Langsung mencari perawatan medis jika mengalami demam, batuk dan sesak napas dalam waktu 14 hari setelah kembali dari ibadah haji.

- Perlu diingat, sampai saat ini belum ada vaksin yang tersedia untuk melindungi para jamaah haji terhadap Mers CoV.

(sumber : https://lifestyle.okezone.com/read/2016/08/22/481/14697339/tips-mencegah-mers-cov-untuk-jamaah-haji-indonesia)