Selamat Datang di Zona Integritas BKK Kelas I Banjarmasin.   Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

RAPAT EVALUASI BULAN JUNI TAHUN 2020 KANTOR KESEHATAN PELABUHAN KELAS II BANJARMASIN

NOTULEN RAPAT EVALUASI BULAN JUNI TAHUN 2020

KANTOR KESEHATAN PELABUHAN KELAS II BANJARMASIN

Rapat Evaluasi Bulan Juni Tahun 2020 di Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banjarmasin dilaksanakan pada hari Kamis s.d Jum’at, 09 s.d 10 Juli 2020 yang bertempat di Aula Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banjarmasin, dengan jumlah peserta 25 Orang. Adapun pembahasan pada acara ini yaitu :

Tata Usaha

  • Realisasi sampai bulan juni sesuai aplikasi span sebesar 43,08%, realisasi dukungan manajemen sebesar 46%
  • Untuk Wilker Kintap yang ingin membeli batuan bisa melakukan pemeliharaan perkantoran untuk batu split tersebut dengan dilengkapi bukti bayar yang lengkap
  • Adanya kegiatan yang tidak sesuai RPD dikarenakan adanya pandemi sehingga kegiatan seperti perjalanan dinas tidak dapat dilakukan

Seksi PKSE

  • Realisasi penyerapan anggaran sampai bulan Juni sebesar 43,61%
  • Untuk kegiatan Pengawasan FasKes Penerbitan ICV sudah ada terealisasi dan dilakukan sebelum terjadi pandemi Covid-19, untuk sisanya belum dilaksanakan
  • Untuk kegiatan PPNS dalam Pencegahan dan Penindakan Pelanggaran untuk bulan Juni masih belum dilaksanakan, dan akan dilakukan pada bulan berikutmya

Seksi UKLW

  • Realisasi penyerapan anggaran sampai bulan Juni sebesar 41,50%
  • Untuk kegiatan skrinning masih belum dilaksanakan karena beresiko saat mengambil sampel
  • Kegiatan pelayanan Kesehatan Haji dihapus, anggaran direlokasi untuk kegiatan pengawasan alat angkut, orang, dan barang, serta layanan rujukan dan penguatan kegiatan P2P Covid-19
  • Untuk kegiatan skrinning agar melihat SOP penanganan TB dan HIV pada situasi Covid-19 agar kegiatan tersebut tetap dapat berjalan di masa pandemi ini

Pos Pelayanan Sungai Puting

  • Realisasi penyerapan angaran sampai bulan Juni sebesar 33,88%. Setoran PNBP sampai Juni sebebsar 70,60%
  • Ada tiga rumah di daerah parameter yang indeks diatas parameter sehingga dilakukan pengendalian fogging
  • Pengendallian vektor pes untuk pemetaan belum terlaksana karena terkendala situasi lingkungan

Wilayah Kerja Kintap

  • Realisasi penyerapan anggaran bulan Juni sebesar 45,57% dan penyerapan anggaran sampai buan Juni sebesar 70,02%. Adapun setoran PNBP pada bulan Juni sebesar 61,05% dan setoran PNBP sampai bulan JUNI sebesar 186,50%
  • Untuk kegiatan UKLW yang belum bisa dilaksanakan yakni kegiatan skrinning

Wilayah Kerja Satui

  • Penyerapan anggaran sampai bulan Juni sebesar 57,7% dan penyerapan bulan Juni sebesar 15,08%. Setoran PNBP sampai bulan Juni sebesar 68,1% dan setoran PNBP bulan Juni sebesar 6,37%
  • kegiatan yang belum bisa dilaksanakan pada bulan Juni yaitu spraying lalat dikarenakan angka kepadatnnya masih rendah

Wilayah Kerja Kotabaru

  • Realisasi penyerapan anggaran pada bulan Juni sebesar 4,4% dan penyerapan sampai bulan Juni sebesar 32,2%. Setoran PNBP pada bulan Juni sebesar 89,60%, dan setoran PNBP sampai Juni sebesar 48,67%
  • Adapun kegiatan yang belum dilakukan yaitu Layanan Pengendalian Vektor Diare Layanan Survey Jentik dan Nyamuk Vektor Malaria dan akan dijadwalkan di bulan lain

Wilayah Kerja Bandara

  • Realisasi penyerapan anggaran sampai bulan Juni sebesar 37%, dan tidak ada serapan PNBP yang masuk
  • Untuk kegiatan fogging belum dilaksanakan
  • Untuk kegiatan yang akan dilaksankan bulan Juli yaitu Pemeriksaan Penjamah Makanan (Rectal Swab) dan Pengawasan Sanitasi TPM (pengambilan sampel makanan dan usap alat) dan Pemeriksaaan dan Pengawasan Kualitas Air

Wilayah Kerja Batulicin

  • Realisasi penyerapan anggaran sampai bulan Juni sebesar 37,02% dan setoran PNBP sampai bulan Juni sebesar 55,92%
  • Kegiatan pemeriksaan air belum terealisasi dikarekan laboratorium masih dalam penanganan Covid-19 sehingga tidak bisa mengirim sampel
  • Terkait alat yang rusak segera dilaporkan ke pengelola program untuk alat pendukung yang rusak dan akan ditindak lanjuti ke BMN. Mengenai peralatan PRL yang mengalami kerusakan maka cari teknisi untuk memperbaiki dan apabila sudah diupayakan namun masih tidak bisa maka laporkan ke seksi bersangkutan

Adapun tindak lanjut yaitu :

  • Diharapkan untuk meperhatikan penggunaan APD dalam menangani pengawasan Covid-19 sesuai dengan protap. Ada usulan rapid test sebanyak 10 ribu ke pusat, untuk itu silahkan ajukan permintaan sesuai kebutuan di wilayah kerja
  • Diharapkan agar mendata dan memuat laporan dalam rangka pengawasan Covid-19 di wilayah kerja masing-masing
  • Diharapkan agar wilayah kerja melakukan koordinasi dengan Dinas Kabupaten dan Kota untuk meminta penunjukan klinik yang dapat melakukan rapid test dan PCR dan laporkan secara tertulis berupa surat penunjukan tersebut
  • Mengenai pendampingan dan pembinaan WBK Satker KKP Kelas II Banjarmasin dalam rangka penilaian WBK sampai hari ini masih melengkapi data-data untuk WBK
  • Untuk kegiatan WBK agar setiap pokja secepatnya menyelesaikan dan mengirim data dukung, apabila memerlukan data dari wilker maka diharapkan agar wilker dapat mengumpulkan data atau dokumen tersebut
  • Untuk pegawai akan diberikan daya tahan tubuh diharapkan agar tetap beraktifitas fisik sehingga imunitas meningkat. Dan diharapkan untuk wilayah kerja melakukan adanya keterbukaan apabila ada pegawai yang sudah tertular maka langsung disuruh istirahat agar tidak menularkan ke pegawai lain sehingga adanya keterbukaan
  • Terkait WBK yakni survey pelanggan dan pegawai KKP yang diberikan oleh pusat menggunakan google form, sebaiknya kepada pokja yang terkait yakni pokja pelayanan agar terwakili di induk dan wilker supaya mewakili induk dan wilker dan pastikan lagi atau konsul ke pendamping porsi untuk pelanggan dan pegawai
  • Terkait pokja satu yang melampirkan rencana kerja masing-masing pokja untuk data dukung pokja satu terkait monitoring dan evaluasi
  • Ada anggaran untuk surveilans di Pos Pelayanan Sungai Puting namun tidak dianggarkan karena melihat tenaga yang ada di sana, sehingga kegiatan akan tetap dilaksanakan oleh Seksi dan Pos Pelayanan Sungai Puting tetap terlibat