27.6 C
Banjarmasin
Wednesday, 27 May 2020

KEGIATAN RAPAT EVALUASI BULAN JANUARI TA 2020

KEGIATAN RAPAT EVALUASI BULAN JANUARI TA 2020

KANTOR KESEHATAN PELABUHAN KELAS II BANJARMASIN

Kegiatan rapat evaluasi bulan Januari dilaksanakan pada tanggal 13 s.d 14 Februari 2020 di Aula KKP Kelas II Banjarmasin. Adapun peserta yang hadir sebanyak 31 orang. Pembahasan rapat meliputi :

Tata Usaha

  • Realisasi bulan Januari sebesar 9,6%
  • Untuk nilai indikator kinerja pelaksanaan anggaran pada Bulan Januari sebesar 74,43% dari target tahun 2020 sebesar 90%, dari capaian 74,43% tersebut adalah perolehan per bulan dari tiap indikator. Untuk pengembangan kompetensi pegawai realisasi Bulan Januari masih 0% dari target tahun 2020 sebesar 80%. Untuk capaian ini hanya sementara karena pada aplikasi EMonev DJA masih belum bisa input data.
  • Masih ada pengadaan yang berproses seperti masker dan lain-lain dikarenakan di beberapa penyedia di e-catalog masker kosong dan harga melonjak akibat penyebaran virus dari Wuhan Cina.
  • Untuk pemusnahan limbah medis belum bisa dilakukan karena seksi sudah ada jadwal untuk pelaksanaan pemusnahan dalam setahun dilakukan tiga kali yakni dimulai dari bulan Maret sehingga masih belum bisa dilaksanakan
  • Telah dibuka Pos IBT di Kotabaru
  • Untuk peningkatan kompetensi pegawai masih belum ada, pegawai yang ingin melakukan peningkatan kompetensi agar berkomunikasi dengan bagian kepegawaian mengenai informasi lebih lanjut sehingga bisa melaksanakan peningkatan SDM
  • Untuk penggunaan aplikasi surat dari pusat mengenai username dan password dalam aplikasi surat pusat tersebut masih berproses, sudah dibuatkan usulan ke pusat. Dalam penyerahan berkas arsip dari wilker diwajibkan melampirkan daftar berkas ke induk agar terkoordinisir apabila ada berkas penting yang diserahkan ke induk

Seksi PRL

  • Realisasi bulan Januari sebesar 5.96%
  • Untuk kegiatan yang belum melaksanakan PP No. 64 adalah Pos Trisakti dan Wilker Kotabaru, untuk wilayah lainnya sudah dapat melaksanakan menggunakan pembayaran dari pihak ketiga sesuai PP No. 64 dan kombinasi dengan DIPA dalam pelaksanaannya. Untuk keseragaman dalam pelaksanaan kegiatan maka diharapkan kebijakan dari kepala kantor
  • Pengadaan bahan operasional kegiatan SBK dan Non SBK, selain BBM dan umpan diserahkan kepada Tim Pengadaan Barang Jasa KKP Kelas II Banjarmasin. Seksi PRL (Induk dan Wilker) tidak melakukan pengadaan bahan

Seksi PKSE

  • Realisasi bulan Januari sebesar 5.49%
  • Pertemuan Tim TGC rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 25 Februari 2020 di Hotel Nasa dan mengundang narasumber dari Subdit Penyakit Emerging
  • Untuk distribusi barang ke wilker agar diketahui oleh seksi sehingga bisa dilakukan uji fungsi pada alat tersebut sebelum di serahkan ke wilker
  • Untuk kegiatan pengumpulan dan analisa data surveilans masih belum terealisasi karena harus berkoordinasi dengan pihak terkait seperti ke BBTKL Banjarbaru dan mengirimkan nota dinas ke induk sebagai dasar dalam melakukan kegiatan tersebut

Seksi UKLW

  • Untuk penyerapan anggaran bulan Januari 88,13% dalam target bulanan dan 0,8% dalam target tahun 2020
  • Untuk kegiatan skrinning masih belum terealisasi
  • Untuk kegiatan-kegiatan di UKLW yakni Vaksinasi MM 194 dan Yellow Fever 5, telah tercapai 1,66% dari target 199

Wilayah Kerja Kintap

  • Untuk realisasi Bulan Januari Wilayah Kerja Kintap sebesar Rp. 13.943.000 atau 12,89%, setoran PNBP Bulan Januari Rp. 23.016.333 atau sebesar 7,45%. Untuk penerbitan SSCEC sebanyak 8 dokumen. Penerbitan Buku kesehatan sebanyak 13 dokumen.
  • Dalam kegiatan pengendalian risiko lingkungan yaitu pemeriksaan kualitas air bersih, pemeriksaan inspeksi sanitasi sarana dan sanitasi lingkungan hasilnya memenuhi syarat. Dalam pengawasan hygiene sanitasi TPM, pengendalian vektor dan tikus dan pinjal indeks rendah
  • Secara keseluruhan serapan anggaran periode Januari untuk Seksi PKSE Rp. 3.400.000 atau 10,4%, Seksi UKLW Rp. 7.500.000 atau 12%, Seksi PRL Rp. 9.643.000 atau 14,2%.

Wilayah Kerja Satui

  • Penyerapan Wilker Satui sebesar 14,5% yaitu sebesar Rp 19.813.000,- dan Setoran PNBP sebesar 8,7% yaitu sebesar Rp 73.695.000,-
  • Karena kegiatan diserap diluar jam kerja untuk penerbitan P3K tersebut sehingga jumlah yang terserap tidak maksimal dan ada kegiatan seperti deteksi dini TB belum dilaksanakan
  • Kegiatan bulan Januari 2020 sudah dilaksanakan sesuai ROK
  • Rencana penyerapan anggaran Bulan Februari sebesar 14 % anggaran yaitu Rp 19.100.000,-

Wilayah Kerja Batulicin

  • Penyerapan Wilker Batulicin sebesar 7,55% dan setoran PNBP sebesar 14,41%
  • Untuk kegiatan PRL terserap sebesar 2%, kegiatan tersebut antara lain pemeriksaan air, ada pemasangan perangkap, honor petugas dll, untuk bulan januari memang terealisasi 2% namun percepatan bulan februari sebesar 15%

Wilayah Kerja Bandara

  • Untuk serapan seksi PKSE sebesar Rp. 990.500 atau 13%, serapan seksi PRL sebesar 4.199.000 atau sebesar 6,7 %, dan serapan seksi UKLW sebesar 11.310.000 atau sebesar 17 %. Untuk keseluruhan penyerapan Wilker Bandara sebesar 12,39%. Untuk setoran PNBP pada Bulan Januari sebesar Rp. 134.475.000

Pelsus Sungai Puting

  • Realisasi Pelsus Sungai Puting sebesar 8.70% dan Setoran PNBP perbulan sebesar 111%. Untuk serapan seksi PKSE sebesar Rp. 600.000 atau 10,81%, serapan seksi PRL sebesar 5.533.000 atau sebesar 8,26%, dan serapan seksi UKLW sebesar 1.050.000 atau sebesar 8,54%

Adapun tindak lanjut dari dapat tersebut yakni sebagai berikut :

  • Dalam pengadaan umpan tikus dan bahan lainnya yang tergabung dalam SBK, pada penyampaian Ditjen bahwa harus diserap pada triwulan kesatu untuk penyerapannya, baik dalam bahan umpan tikus dan bahan lainnya yang tergabung SBK. Untuk penyerapan ATK kegiatan tersebut melalui pejabat pengadaan
  • Untuk dana pemeliharaan, apabila ingin mengadakan pemeliharaan dibuat tim agar menangani pemeliharaan tersebut. Dan dibuatkan RAB, misal RAB pengecatan atau perbaikan dibuat dua kontraktor untuk membanding agar terlihat yang mana lebih murah, dibuatkan dua pembanding harga untuk penilaian
  • Apabila wilker ingin melakukan pemeliharaan maka segera lapor ke induk agar dilakukan secepatnya dan bisa menyampaikan kisaran dana yang diperlukan untuk pemeliharaan tersebut
  • Kelola penggunaan dokumen kesehatan di wilker agar tidak dilakukan permintaan saat injury time yang mengakibatkan stok dokumen kosong di wilker, jadi rencanakan dengan baik agar kegiatan disana tidak terhambat. Agar tidak ada kendala saat melakukan kegiatan pada wilker tersebut
  • Untuk pengawasan air bersih di bandara ini bisa diawasi tergantung besar atau tampungan air tersebut. Untuk pengambilan sampel bisa saja diambil oleh petugas wilker bandara. Namun untuk diawal survey petugas seksi akan turun bersama sama, dan untuk selanjutnya bisa dilakukan oleh petugas wilker saja. Untuk pembiayaan tergantung daerah parameter
  • Untuk waktu pelaksanaan kegiatan fogging di bandara dipertimbangkan agar tidak mengkontaminasi penjual makanan atau minuman di bandara saat petugas melakukan kegiatan tersebut
  • Dalam kegiatan yang akan dilaksanakan Seksi PKSE yaitu Pertemuan Tim TGC dapat dilakukan sekalian mengenai Sosialisasi COVID-19 begitu juga dengan fungsi Tim TGC