Selamat Datang di Zona Integritas BKK Kelas I Banjarmasin.   Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

RAPAT PENYUSUNAN PROGRAM KEGIATAN DAN ANGGARAN TAHUN 2020 KANTOR KESEHATAN PELABUHAN KELAS II BANJARMASIN

Rapat Penyusunan Rencana Program Kegiatan dan Anggaran Tahun 2020 dilaksanakan pada hari Rabu s.d Kamis, tanggal 09 s.d 10 Januari 2020 di Aula Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banjarmasin. Rapat dipimpin oleh Kepala KKP Kelas II Banjarmasin, dengan jumlah peserta 26 Orang. Adapun kegiatan maupun pembahasan dalam rapat tersebut antara lain yakni penandatanganan fakta integritas oleh pejabat struktural dan penandatanganan komitmen bersama oleh pejabat struktural dan staf serta pemberian penghargaan bagi seksi/wilker/staf Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banjarmasin. Pemberian penghargaan atas capaian tahun 2019. Sekilas informasi mengenai penyakit pnemonia misterius dari Cina diharapkan bisa dideteksi untuk penanggulangan, dan petugas siap dengan menggunakan APD sesuai surat edaran kesiapsiagaan dalam penanggulangan pnemonia.

Adapun pembahasan dari Subbag TU, Seksi dan Wilayah Kerja yakni :

Seksi Pengendalian Faktor Risiko Lingkungan (PRL)

  • Pemaparan sekilas capaian anggaran dan kegiatan pada Tahun 2019 dengan kesimpulan capaian kegiatan sudah terealisasi dan diserap habis kecuali kegiatan layanan pengendalian vektor malaria yang terealisasi hanya 40%
  • Pemaparan mengenai rencana operasional kegiatan Seksi PRL pada Tahun 2020 dan alokasi distribusi pagu dan kegiatan Seksi PRL ke Wilayah Kerja

Seksi Upaya Kesehatan Lintas Wilayah (UKLW)

  • Pemaparan sekilas capaian anggaran dan kegiatan pada Tahun 2019 Seksi UKLW
  • Pemaparan mengenai rencana operasional kegiatan Seksi UKLW pada Tahun 2020 dan alokasi distribusi pagu dan kegiatan Seksi UKLW ke Wilayah Kerja
  • Di Wilker Kotabaru ada menerima distribusi anggaran dan disusun oleh pengelola Wilker Kotabaru, ada lima kegiatan yakni kegiatan posko, vaksinasi dokter kosultan, P3K, rujukan dan skrining TB HIV. Dari lima kegiatan tersebut untuk dapat melakukan sinkronisasi dengan induk Seksi UKLW. Untuk jadwal skrining TB HIV akan dikirim, untuk bulan juli kegiatan tidak dapat dijadwalkan karena petugas induk persiapan kegiatan haji

Seksi Pengendalian Karantina dan Surveilans Epidemiologi (PKSE)

  • Diupayakan agar kegiatan dapat terlaksana sesuai ROK yang telah direncanakan
  • Dalam pengadaan barang difokuskan di induk dengan ditangani oleh pejabat pengadaan yang ada di kantor induk, apabila barang telah diadakan maka akan didistribusikan ke wilayah kerja sesuai kebutuhan masing-masing wilayah kerja tersebut
  • Setiap klinik dimintai faktur pembelian Vaksin MM untuk menghindari hal tidak diinginkan dalam penerbitan ICV. Setiap bulan meminta laporan print out mengenai jamaah yang melakukan vaksinasi, serta laporan dalam pengelolaan limbah pada klinik tersebut

Sub Bagian Tata Usaha

  • Pemaparan ROK dan anggaran yang akan dilaksanakan pada tahun 2020
  • Melakukan pemeliharaan rutin untuk mesin di kantor baik kelistrikan seperti lampu, bendera dan lain-lain. Untuk wilayah kerja dapat melakukan permintaan ke pengadaan mengenai pengadaan kantor seperti diatas agar dapat diproses

Wilayah Kerja Sungai Puting

  • Pemaparan ROK dan anggaran yang akan dilaksanakan pada tahun 2020
  • Untuk semua wilayah kerja dalam melakukan kegiatan rutin seperti pemantauan kualitas lingkungan, apabila kegiatan rutin dilaksanakan dan anggaran tidak mencukupi maka tetap dilaksanakan. Dilakukan upaya pendekatan dengan pihak terkait agar kegiatan tidak terpaku dengan anggaran yang tersedia di DIPA

Wilayah Kerja Kintap

  • Pemaparan mengenai rencana operasional kegiatan dan anggaran pada Wilayah Kerja Kintap untuk tahun 2020

Wilayah Kerja Batulicin

  • Setiap laporan melampirkan laporan anggaran dan keadaan mengenai pelaksanaan kegiatan yang telah dilaksanakan
  • Diharapkan agar mendokumentasikan kegiatan yang dilaksanakan, koordinasi dengan seksi dalam kegiatan yang perlu dilakukan antara seksi dan wilker agar kegiatan dapat berjalan baik pelaksanaanya

Wilayah Kerja Bandara

  • Secara keseluruhan kegiatan sudah terealisasi. Untuk realisasi usap alat tidak dapat 100%
  • Untuk kegiatan fogging dalam ROK bisa di rencanakan sampai akhir desember untuk mengantisipasi pelaksanaannya

Wilayah Kerja Satui

  • Pemaparan ROK dan anggaran yang akan dilaksanakan pada tahun 2020
  • Untuk kegiatan pemeriksaan kapal akan menerapkan pembiayaan seperti arahan kepala kantor agar tidak terjadi double pembiayaan

Wilayah Kerja Kotabaru

  • Pemaparan ROK tahun 2020. Terjadi peningkatan alokasi dalam jasa konsultan dan pemeriksaan P3K
  • Distribusi anggaran mengalami peningkatan sebesar 40%
  • Dalam kegiatan skrinning TB HIV berkoordinasi dengan Seksi UKLW dan akan dilaksanakan pada bulan Maret

Adapun tindak lanjut dari rapat ini antara lain :

  • Diharapkan dapat menyiapkan data pendukung dalam pelaksanaan kegiatan yang telah dilakukan pada tahun 2019
  • Mengenai tenaga honor dalam kegiatan teknis dapat digunakan namun didampingi kegiatannya oleh tenaga teknis, dan tenaga honor tersebut mempunyai latar belakang pendidikan yang sesuai dalam kegiatan yang akan dilakukan
  • Dalam pembiayaan SBK mengenai PP No. 64 maka diharapkan petugas yang akan memeriksa kapal tersebut dapat mengatur agar semua agen dapat tercover dalam pembiayaan agar tidak double tarif, petugas menerapkan agar keseragaman dalam pembiayaan
  • Kegiatan untuk evaluasi bulanan diharapkan dapat menyampaikan kegiatan yang dilaksanakan berdasarkan kegiatan yang telah disusun perbulan sehingga kegiatan yang dilaksanakan pada bulan tersebut. Evaluasi sesuai rencana pada bulan tersebut. Dan apabila belum dilaksanakan maka beri keterangan dipindahkan pada bulan apa dengan melampirkan justifikasi
  • Bendahara membuat data excel berisi alokasi anggaran masing masing seksi agar tidak ada kelebihan pembayaran anggaran
  • Diharapkan agar kegiatan sesuai dengan ROK yang telah terjadwal, apabila ada perubahan jadwal di ROK diharapkan agar tidak terlalu jauh pelaksanaanya dari jadwal sebelumnya
  • Untuk kegiatan dilakukan sesuai rambu-rambu dan alokasi diharapkan terlaksana sesuai jadwal
  • Diharapkan agar tata usaha dapat membuat permohonan alokasi parkir untuk Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banjarmasin yang ditunjukan ke GM Angkasa Pura agar ada alokasi parkir khusus dekat dengan pintu masuk/keluar di Bandara
  • Mengenai kontak hotline, silahkan klaim ke bagian keuangan mengenai pengeluaran yang diperlukan seperti pulsa agar pelayanan publik dalam pengawasan ICV dapat dilaksanakan secara maksimal